Selasa, 27 Desember 2016

Perilaku Yang Sesuai dengan Masyarakat Multikultural



Perilaku Yang Sesuai dengan Masyarakat Multikultural
       Masyarakat multikultural merupakan fakta sosial yang tidak bisa dihindari, begitupun dengan  berbagai gejala sosial yang ditimbulkan. Oleh karena itu, diperlukan sikap yang tepat dalam menyikapi multikulturalisme di Indonesia. Sikap yang sesuai diterapkan dalam masyarakat multikultural sebagai berikut.
1.      Simpati
       Simpati merupakan perasaan tertarik yang timbul dari seseorang terhdap orang lain. Sikap simpati dapat membuka jalan untuk proses interaksi lintas budaya, lintasetnik, lintassagama, hingga lintasgenerasi.
2.      Empati
       Sikap empati adalah kelanjutan dari sikap simpati yang lebih mendalam. Kemampuan untuk merasakan diri seolah-olah dalam keadaan orang lain ikut merasakan hal-hal yang dirasakan oleh orang lain. Keterlibatan emosional dan aksi terjadi dalam sikap empati. Melalui sikap empati,seseorang dapat tergerak untuk membantu orang lain.
3.      Toleransi
       Toleransi diartikan sebagai sikap tenggang rasa (menghargai, membiarkan, dan membolehkan), pendirian (pendapat, pandangan, kepercayaan, kebiasaan, dan kelakuan) yang bebeda atau bertentangan dengan pendirian sendiri. Pemaknaan toleransi atau pengguanaan istilah toleransi lebih menitikberatkan pada bentuk tindakan atau praktik kebudayaan yang berbeda dari setiap kelompok sosial.
4.      Menghargai perbedaan
       Mengahargai perbedaan merupkan salah satu bentuk aplikasi dari toleransi. Istilah mengahargai perbedaan digunakan untuk menyikapi bentuk-bentuk perbedaan yang sudah ada dalam masayarakat, misalnya perbedaan laki-laki dan perempuan, perbedaan ras, perbedaan suku bangsa, perbedaan pemikiran, dan perbedaan pendapat. Menghargai perbedaan berarti menerima realitas takdir,tidak menganggap sebagai sesuatu yang bruurk atau harus disingkirkan, serta menyadari bahwa memang sesuatu seharusnya berbeda. Sikap menghargai perbedaan dapat memebrikan pembelajaran serta mengembnagkan rasa toleransi dalam diri.
5.      Semangat Nasionalisme
       Semangat nasionalisme dapat menjadi landasan masyarakat untuk bersatu dalam perbedaan. Semangat nasionalisme ditandai dengan kesediaan mengesampingkan berbgai perbedaan demi keutuhan bangsa.
Sumber:JannahEkaYustinahdkk.2015.DetikDetikUjianNasionalSosiologi.Klaten:PTIntanPariwara.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar